Guru Pembelajar, Sebuah Perubahan Paradigma


BUNDA bgron 1Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015, menjadi titik balik perubahan paradigma bagi guru. Ketika program sertifikasi guru diluncurkan pada tahun 2006 menyusul terbitnya Undang-undang Guru dan Dosen, berbagai harapan terhadap peningkatan kualitas guru khususnya terus bermunculan dari berbagai pihak. Namun, ketika dievaluasi baik oleh pemerintah maupun secra independen, program sertifikasi guru belum mampu mendongkrak kualitas guru secara signifikan. Meskipun, beberapa guru bersertifikat menunjukkan peningkatan kinerja dan kemampuan yang pesat.

Salah satu upaya pemerintah untuk mengubah paradigma “konsumtif”nya program sertifikasi adalah dengan adanya program Penilaian Kinerja Guru (PKG) secara berkala. Selain PKG, secara reguler pemerintah juga mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Untuk UKG, jika pada mulanya para guru tidak terlalu paham tujuan dan tindak lanjut dari adanya ujian tersebut, akhirnya pada tahun 2016 pemerintah menunjukkan keseriusannya untuk menindaklanjuti hasil UKG terkhusus yang terakhir diadakan pada tahun 2015, dengan mengadakan sebuah program yang kita kenal sebagai Guru Pembelajar (GP).

Guru Pembelajar sendiri digagas oleh Menteri Pendidikan saat itu yakni Bapak Anis Baswedan. Kini, meski telah berganti menteri program GP sepertinya tetap berlanjut. Tentunya dengan penyesuaian beberapa hal yang berkaitan dengan kebijakan menteri yang baru.

Apa sih Guru Pembelajar itu? Guru Pembelajar merupakan sebuah program untuk menstandarisasi kompetensi guru berdasarkan hasil UKG tahun 2015. Program ini diawali dengan diadakannya diklat widya iswara GP dan diklat instruktur nasional GP. Para Instruktur Nasional kemudian membimbing guru dibawah tanggung jawabnya untuk mempelajari modul Guru Pembelajar sesuai rapor UKG masing-masing.

Untuk jelasnya sahabat bisa mengunduh file sosialisasi Guru Pembelajar pada tautan berikut.

Unduh Sosialisasi GP

Selamat mengikuti program Guru Pembelajar!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: