Format Pengembangan Gagasan untuk Penulisan Esai


Esai berikut ini sebagai keseluruhan ditulis dengan pola/model Inversi/Pd-Ks. Artinya, dikemukakan di dalamnya terlebih dahulu pikiran-pikiran pendukung (Pd) yang merupakan evidensi, baru akhirnya diajukan keimpulan (Ks). Esai ini terdiri dari lima paragraf: 1 paragraf pengantar sebagai pembuka, 3 paragraf pendukung,/pengembang, dan 1 paragaf  kesimpulan (yang mengutarakan gagasan pokok esai. Parageaf pendukung pertanma disusun dengan pola P-S-P; paragraf pengembang kedua, dengan pola P-D-K; paragraf pengembang ketiga, dengan pola inverse.

VIRUS MENTAL

(Paragraf Pengantar)

(PEMBUKA) Mengapa ada negara yang pertumbuhanya di bidang ekonomi dan sosial cepat, sedangkan negara lain lambat? Sejak lama pertanyaan di atas mengusik para ahli. Amerika Utara, misalnya, yang pada mulanya didiami oleh pendatang dari Inggris, ekonominya berkembang dengan cepat, sedangkan Amerika SElatan, yang pada mulanya didiamai oleh pendatang dari Spanyol, lambat sekali perkembangan ekonomiya sampai akhir-akhir ini. Contoh lain, dalam abad ka-19 Jepang melakukan take off ekonomi, sedangkan Cina tidak. Contoh-contoh serupa dapat diperbanyak , tetapi pertanyaan tetap sama: Dorongan apakan yang mengahasilkan pertumbuhan ekonomi dan sosial?

(Pragraf penukung/pengembag 1, model P-S-P)

(PENDAPAT ORANG) Banyak orang yang beranggapan bahwa kemajuna teknologi pasti akan membawa perkembangan  ekonomi dan sosial. (PERALIHAN) Realistiskah mendewa-dewakan teknologi, secanggih apapun?(PIKIRANUTAMA, manasuka) Menurut hasil penyelidikan McClelland, teknologi modern yang tidak disertai perubahan sikap manusianya hanya sedikit artinya. (SANGGAHAN 1 terhadap pendapat orang di atas) McClelland menyelidiki kehidupan para nelayan Kakinada di India yang tidak berubah dengan adanya teknologi maju.(PENJELASAN) Para nelayan itu pernah mendapat bantuan dari pemerintah berupa jala nilon, jala yang tidak mudah rusak dan tidak memerlukan bnyak perawatan, suatu produk teknologi modern. Para nelayan dapat memenuhi apa yang diharapkan berkat jala nilon itu: tangkapan ikan lebih banyak. Akan tetapi, harapan yang ketiga tidak terpenuhi: barang kebutuha yang dibelitidak lebih banyak dan usaha para penguasaha tidak lebih berkembang. Malahan dua hal yang tak terduga terjadi: beberapa nelayan berhenti menjala ikan setelah memperoleh ikan sebanyak yang biasa mereka tangkap, dan beberapa nelayan yang lain mengunakan uang mereka yang bertambah banyak itu untuk membeli minuman keras selundupan. (PERALIHAN) Selanjutnya, (SANGGAHAN 2) McClelland membuktikan bahwa sikaplah yang mutlak untuk membuat sesuatu berarti. (PENJELASAN) Ia memberikan contoh kemajuan perbankan di Kakinada setelah adanya kursus pengembangan diri. Sebelum ada kursus, bank meminjamkan uang atas dasar jaminan mutlak senata-mata, dengan akibat uang tidak banyak dipinjam dan  usaha agak statis. Sesudah kursus, bank berani meminjamkan uang atas kualitas peminjam dan proyeknya meskipun resiko tetap ada dan ternyata keuntungan menjadi cukup besar. Bukan saja karena bertambah besarnya aktivitas bagi peminjaman dagang, melainkan juga karena bertambahnya deposito. (PERALIHAN). Tambahan pula, (SANGGAHAN 3) para ahli psikologi industri juga menunjukkan gejala aneh yang biasa disebut EfekHawthorne. (PENJELASAN) Mereka meneliti pengaruh kondidis lingkungan kerja dan menemukan bahwa kondisi yang buruk  pun (penerangan lampu jelek) produksi karyawan tetap lebih baik dari pada produksi sebelumnya dalam kondisi penerangan yang baik. Mereka melihat bahwa para karyawan merasa  telah dilibatkan dalam proyek-proyek  perusahaan dan telah dihargai. (PERALIHAN). Jadi (PIKIRANUTAMA) kunci perkembangan dan kemajuan di bidang ekonomi dan sosial adalah perubahan sikap untuk bekerja lebih baik dan sikap posuitif terhadap kerja dalam diri pimpinan dan karyawan

(Paragraf pendukung/pengembang 2 model P-D-K)

(PEMBUKA dan sekaligus PERALIHAN) Dengan adanya kehendak untuk bekerja dengan baik dan sikap positif terhadap kerja, lama-kelamaan orang akan merasakan kebutuhan untuk berprestasi, daya doronmg manusia yang disebut n-Ach (kependekan dari need for achievement) oleh DavidMcClelland. (PIKIRANUTAMA)  n-Ach adalah faktor lain yang penting dalam petumbuhan ekonomi dan sosial: karena tingginya n-Ach  pada suatu masa, terjadilah kemajuan ekonomi dan sosial dalam kurun waktu tertentu. (PERALIHAN) Sudah diteliti dan diketahui, misalnya, (DUKUNGAN) n-Ach dalam sastra Yunani Kuno jauh lebih tinggi dari pada n-Ach dalam sastra Yunani kemudian hari, dan n-Ach dalam sastra Iggris abad ke-16 jauh lebih besar daripada n-Ach dalam sastra Spanyol pada abad yang sama, dan dampaknya memang terbukti. (PENJELASAN) Sejarah menjadi saksi bahwa orang Yunani Kuno dan orang Inggrisdi Amerika Utara men-capai keberhasilan ekonomi dan sosial yang lebih besar. (PERALIHAN) Selanjutnya, (DUKUNGAN 2) telah diselidiki dan diungkapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: