SASTRA: RINGKASAN CIRI-CIRI KARYA SASTRA TIAP ANGKATAN


Ciri-ciri Angkatan Balai Pustaka

Berbicara tentang pertentangan adat dan kawin paksa, dominasi orang tua dalam perkawinan. Gaya penceritaan terpengaruh oleh sastra Melayu yang mendayu-dayu, masih menggunakan bahasa klise seperti peribahasa dan pepatah-petitih. Karya-karya yang diterbitkan Balai Pustaka diharuskan memenuhi Nota Rinkes yang berbunyi: didaktis, serta netral agama dan politik.

Ciri-ciri Angkatan Pujangga Baru

Menampilkan nasionalisme Indonesia,. memasuki kehidupan modern, menampakkan kebangkitan kaum muda. Banyak terpengaruh oleh Angkatan 1880 di Negeri Belanda, sehingga puisi-puisinya banyak yang berbentuk soneta. Pada masa ini terjadi polemik yang seru antartokoh-tokohnya. Sutan Takdir Alisyahbana berorientasi ke barat yang intelektualistik, individualistuik dan materialistik, punya idealisme tinggi akan kemajuan iptek/sains dan dunia. Sanusi Pane berorientasi ke timur (India, Timur Tengah,  Cina) yang spiritualistik, mementingkan olah ruhani. Kemudian Armijn Pane, Amir Hamzah, Kihajar Dewantara, yang lebih menginginkan adanya sintesis barat yang sifistikated dan timur yang sufistik.

Ciri-ciri Sastra Masa Masa Jepang dan Angkatan 45

Bicara tentang kegetiran nasib di tengah penjajahan Jepang yang sangat menindas, menampilkan cita-cita merdeka dan perjuangan revolusi fisik. Pada masa Jepang untuk berkelit dari sensor penguasa, berkembang sastra simbolik. Muncul ungkapan-ungkapan yang singkat-padat-bernas (gaya Chairil Anwar dalam puisi) dan kesederhanaan baru dengan kalimat pendek-pendek nan lugas (gaya Idrus dalam prosa fiksi/sketsa).

Sastra dekade 50-an

Memantulkan kehidupan masyarakat yang masih harus terus berjuang dan berbenah di awal-awal masa kemerdekaan. Disebut juga Generasi Kisah (nama majalah sastra). Di masa ini sastra Indonesia sedang mengalami booming cerpen. Juga marak karya-karya teater dengan tokohnya Motenggo Boesye, Muhammad Ali Maricar, W.S. Rendra (sekarang Rendra saja).Mulai tumbuh sarasehan-sarasehan sastra terutama di kampus-kampus.

Sastra Angkatan ‘66

Menegakkan keadilan dan kebenaran bnerdasarkan Pancasila dan UUD 45, menentang komunisme dan kediktatoran,  bersama Orde Baru yang dikomandani Jendral Suharto ikut menumbangkan Orde Lama, mengikis habis LEKRA dasn PKI. Sastra Angkatan ’66 berobsesi menjadi Pancasilais sejati. Yang paling terkenal adalah “Tirani” dan “Benteng” antologi puisi Taufiq Ismail. Hampir seluruh tokohnya adalah pendukung utama Manifes Kebudayaan  yamng sempat berseteru dengan LEKRA.

Dekade 70-an – 80-an

Penuh semangat eksperimentasi dalam berekspresi, merekam kehidupan masyarakat yang penuh keberagaman pemikiran dan penghayatan  modernitas. Muncul para pembaharu sastra Indonesia dengan karuya-karyanya yang unik dan segar seperti Sutarji Calzoum Bachri dan Yudhistira Ardi Noegraha dalamm puisi, Iwan Simatupang dan Danarto dal;am prosa fiksi, Arifin C. Noer dan Putu Wijaya dalam teater.

Sastra Mutakhir  (Dekade 90-an dan Angkatan 2000)

Memasuki era Reformasi yang sangat anti KKN dan praktik-praktik otoriter, penuh kebebasan ekspresi dan pemikiran, mengandung renungan religiusitas dan nuansa-nuansa sufistik. Menampilkan euforia menyuarakan hati nurani dan akal sehat untuk pencerahan kehidupan multidimensional. Taufiq Ismail yang pernah terkenal sebagai tokoh sastra Angkatan ’66 ikut mengawal Reformasi dengan bukunya antologi puisi “Malu Aku Jadi Orang Indonesia” (MAJOI). Di samping menampilkan sanjak-sanjak peduli bangsa (istilah yang diusung rubrik budaya Republika) dan karya-karya reformasi yang anti penindasan, gandrung keadilan, berbahasa kebenaran (sesuai Sumpah Rakyat 1998), muncul pula fenomena kesetaraan gender yang mengarah ke woman libs sebagaimana tercermin dalam karya-karya Ayu Utami dari Komunitas Sastra/Teater Utan Kayu, Jenar Mahesa Ayu, Dewi Lestari. Pada era yang bersamaan berkibar bendera Forum Lingkar Pena (FLP) dengan tokohnya HTR (Helvy Tiana Rosa) yang berobsesi mengusung Sastra Pencerahan, Menulis Bisa Bikin Kaya (kaya ruhani, kaya pikiran,, kaya wawasan, dan semacamnya).

About these ads

30 responses to this post.

  1. Posted by alif andiat on 5 Juni 2010 at 01:33

    thanks… bisa buat tambahan referensi…

    Balas

  2. Posted by Davin on 2 Agustus 2010 at 17:07

    thanks. sangat membantu tugas sastra indo saya nih.

    Balas

  3. Posted by Adelia Helena on 1 September 2010 at 10:19

    Wah..mbantu banget nih buat tugas bahasa indonesia di skolah. trims!

    Balas

  4. Posted by samson on 5 Oktober 2010 at 09:00

    conto drama angkatan 66 naon uy ??

    Balas

  5. Posted by DEn Yanto on 5 Oktober 2010 at 14:22

    Matur nuwuuun, yg pasti bantu gue bngt.

    Balas

  6. boleh tuh jadi resensi..

    tapi da ulasan yang lebih rinci lagi ngga?

    Balas

  7. Posted by yoland on 18 November 2010 at 02:06

    thanks bwt tmbhann tugas…..

    Balas

  8. makasii yya . . nambah referensi n jga tambahan tgas b.ind ku .. makasii ya ..

    Balas

  9. tengkyu atas infonya… boleh juga ditambah dengan pengarang dan karyanya

    Balas

  10. Posted by Gracia HA on 31 Oktober 2011 at 17:01

    ohh gitu yah :)
    makasih

    Balas

  11. Posted by pandu bagus on 23 Januari 2012 at 18:40

    makasih atas informasinya

    Balas

  12. Terima kasih informasinya!
    Buat referensi ngajar sastra.

    Balas

  13. ia masama

    Balas

  14. terimakasih infonya gan..

    Balas

  15. Posted by fajar on 8 Februari 2012 at 20:44

    makasih infonya…

    Balas

  16. Posted by dito on 21 Februari 2012 at 18:40

    thank’s for the information. it’s so helpful.

    Balas

  17. THAAAAANKS

    Balas

  18. selamat siang pak/bu saya wahyu saya mau menanyakan tentang apakah ada filosofi sastra, baik meliputi kata, maupun bahasa filsafat (sastra filsafat)

    Balas

  19. thanks my friend

    Balas

  20. Posted by Ana on 4 September 2012 at 08:07

    penambah wawasan……, thanks.

    Balas

  21. Posted by anwar hozali on 29 September 2012 at 06:21

    thank, ini sangat membantu saya dalam menyontek pada saat latihan

    Balas

  22. waduh , kok dipake buat menyontek ya ? haduhh ayo dong kapan Indonesia mau maju kalo begitu terus ~_~

    Balas

  23. Posted by Amalia Quetianve on 9 Oktober 2012 at 13:48

    Thx yaa
    membantu bgt

    Balas

  24. Posted by snowlyjam on 8 Juli 2013 at 20:05

    hello

    Balas

  25. Posted by a riantika on 1 Oktober 2013 at 07:05

    makasih… mmbantuku buat tmbhan bhan bljar

    Balas

  26. Posted by anastasya elania on 24 Oktober 2013 at 10:56

    mkch sanget membantu saye

    Balas

  27. Posted by wahyuningsih on 30 Mei 2014 at 15:46

    tlong dong,,, bingung neh cari tugass sejarah sastra tentang sastrawan angkatan sekarang,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: