Membaca Cepat Naskah Non-Sastra


Membaca Cepat Teks Nonsastra dengan Memperhatikan Tekniknya.

Membaca cepat sering digunakan untuk memahami dalam waktu singkat dan tepat teks-teks nonsastra, utamanya berita dan repeortase (laporan utama) di media massa. Dengan sistem memindai/scanning, membaca cepat dilaksanakan hanya dengan cara memfokuskan pada kata-kata kunci, dan istilah-istilah khusus. Kata-kata biasa dilewati begitu saja.

Supaya berlangsung cepat, membaca jenis ini hampir-hampir tidak berlangsung horizontal, tetapi vertical bahkan zigzag, tidak mendatar, tapi berkelok menurun. Ini perlu proses dan latihan yang terus-menerus, melaksanaknnya cepat namun penuh konsentrasi agar pemahamannya juga tepat. Lama kelamaan 250 kata permenit bukan termasuk membaca cepat lagi.

Meski berlangsung cepat dan dengan pemahaman yang tepat, sehingga usai melaksanakan aktivitas tersebut, diharapkan siswa bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diambil dari dalam tentang isi bacaan. Bukan hanay itu, mereka pun mampu pula membuat ringkasan isi teks secara spontan dalam beberapa kalimat yang runtut.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: